Zat Gizi yang Harus Diasup Anak agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Zat Gizi yang Harus Diasup Anak agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Zat Gizi yang Harus Diasup Anak agar Tumbuh Kembangnya Optimal, Ketika anak anak berada di usia tumbuh kembang, anak anak akan membutuhkan serat gizi untuk mendukung pertumbuhan mereka secara optimal.

Ada berbagai kategori asupan gizi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan secara optimal, mulai dari protein, karbohidrat, hingga berbagai vitamin.

Dalam keseharian, anak anak dianjurkan untuk mendapat asupan gizi yang cukup, agar pertumbuhan menjadi optimal.

Adapun manfaat dari asupan gizi yang akan didapatkan ketika anak anak memperoleh asupan gizi seperti

  1. Protein

Protein berfungsi sebagai pendukung pembentukan sel, melawan infeksi, dan mengubah makanan menjadi energi. Protein dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, buncis, dan produk susu.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai pendukung pembangunan lemak dan protein yang nantinya akan memperbaiki jaringan. Bentuk karbohidrat sendiri berbeda beda, ada gula, pati, dan serat. 

Karbohidrat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti nasi, kentang, umbi-umbian, dan jagung. 

  1. Lemak

Mungkin sebagian orang menilai bahwa lemak adalah salah satu serat yang harus dihindari, sebba dapat membuat tubuh menjadi gemuk, namun lemak tetaplah dibutuhkan oleh tubuh, apalagi jika anak anak sedang berada di usia tumbuh kembang, sangat butuh dengan asupan lemak.

Lemak berguna sebagai sumber energi yang disimpan oleh tubuh, yang juga berfungsi untuk melarutkan vitamin yang tidak larut ketika terkena air. Lemak dapat diperoleh dengan mengkonsumsi susu, minyak goreng, daging, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Kalsium

Kalsium juga merupakan asupan yang juga tidak kalah penting untuk tubuh, kalsium sendiri berfungsi sebagai pembetukan tulang dan gigi. Selain dari itu, kalsium juga berfungsi untuk pembekuan darah ketika terjadi luka dan untuk kesehatan fungsi saraf, otot, dan jantung. 

Kalsium dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman seperti yogurt, es krim, susu, keju, kuning telur, tahu, dan sayuran seperti brokoli dan bayam juga mengandung kalsium.

  1. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti daging, hati, unggas, kerang, gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, dan sereal yang mengandung zat besi.

  1. Folat

Sebagian banyak orang menilai bahwa folat hanya dibutuhkan oleh ibu ibu hamil saja, namun nyatanya semua orang membutuhkan folat untuk mengurangi resiko anemia. Asam folat berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh anak. 

Folat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti sereal gandum utuh, kacang-kacangan, buncis, asparagus, kacang hitam, kacang merah, dan kubis 

  1. Serat

Serat berfungsi untuk melancarkan system pencernaan. Anak anak yang mengalami sembelit, biasnaya kekurangan serat. Serat dapat diperoleh dnegan m,engkonsumsi beberapa jenis makanan seperti sayur, buah, gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Vitamin A

Vitamin adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi sebagai pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah infeksi. 

Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti wortel, ubi jalar, labu, aprikot, bayam, brokoli, minyak ikan, kubis, dan kuning telur.

  1. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah flu, memperkuat pembuluh darah, membantu proses penyembuhan luka, juga membentuk tulang dan gigi yang kuat. 

Vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran seperti jeruk, stroberi, kentang, melon, kubis, brokoli, kembang kol, bayam, pepaya, dan mangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *